Rangkaian Catu Daya 12V 3A

Gambar Rangkaian

 

Rangkaian Catu Daya 12V 3A

Pin Transistor 2n3055

Penjelasan Kerja

Rangkaian ini mampu menyuplai sumber tegangan DC 12 Volt dengan arus maksimal 3A. Rangkaian catu daya ini menggunakan dioda Zener 12V sebagai pengatur tegangan. Regulator tegangan dioda Zener saja tidak dapat menyediakan sumber arus yang besar, karena keterbatasan daya dioda Zener. Jadi, transistor penguat arus 2N3055 dalam konfigurasi Common-base digunakan.

Saat memberikan input AC dari transformator non-CT 230V/15V 5A, sinyal AC step-down melewati penyearah jembatan yang menerjemahkan sinyal AC menjadi DC yang beriak. Setelah itu sinyal melewati kapasitor penghalus C1 (5000μF) untuk menghilangkan noise yang tidak diinginkan. Sinyal tersebut kemudian melewati bagian pengatur tegangan menggunakan dioda Zener 12V. Di sini, resistor 680Ω bertindak sebagai sumber tegangan pembatas arus. Secara kombinasi, keduanya menyediakan 12V DC yang diatur dengan arus yang relatif rendah.

Setelah ini, sinyal dilewatkan melalui penguat arus (2N3305) dalam konfigurasi basis umum untuk meningkatkan arus menjadi 3A DC dengan tegangan referensi basis bekerja melalui pengatur tegangan dioda Zener. Sinyal DC kemudian melewati kapasitor C2 untuk menghilangkan sisa kebisingan sebelum melanjutkan menuju output.

Aplikasi

  • Digunakan di berbagai amplifier daya dan osilator untuk menyediakan pasokan DC.
  • Catu daya DC banyak digunakan dalam aplikasi tegangan rendah seperti pengisian baterai, aplikasi otomotif, aplikasi pesawat terbang, dan aplikasi tegangan rendah dan arus rendah lainnya.
  • Digunakan sebagai RPS (Regulated power supply) untuk menyediakan pasokan DC ke berbagai sirkuit elektronik seperti proyek elektronik kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top